Cetak Majalah Murah di Jakarta

Cetak Majalah Murah di Jakarta

cetak-majalah-murah-jakartaCetak Majalah atau tabloid merupakan media publikasi yang biasanya terbit secara berkala dengan isi tentang berita, artikel, cerita pendek, gambar, dan sebagainya. Walaupun pada saat ini informasi juga mudah diterima melalui internet, tetapi membaca majalah atau tabloid masih menjadi keasyikan bagi penggemarnya.

Hal yang membuat cetak majalah mahal

Sebelum cetak majalah, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Seperti penggunaan tinta yang banyak maka akan membuat pengeluaran semakin besar. Berikut ini ada beberapa hal yang membuat cetak majalah mahal.

  1. Jenis mesin cetak

Pemilihan jenis mesin cetak memengaruhi biaya yang dikeluarkan. Sebaiknya jika hendak mencetak dalam jumlah banyak, maka gunakan teknik offset karena biayanya lebih ekonomis. Sedangkan jika hendak mencetak dalam jumlah sedikit gunakan digital printing.

  1. Jenis dan jumlah kertas

Karena kertas akan memengaruhi estetika dari majalah, maka pastikan pilih kertas yang mempunyai tingkat finishing dan brightness yang sama tetapi dengan harga yang murah. Sehingga dapat menekan biaya percetakan.

  1. Jumlah warna tinta

Semakin banyak warna yang digunakan maka akan semakin mahal. Jika isi dari majalah padat, sebaiknya hindari penggunaan warna lebih dari 3-4 warna.

  1. Finishing

Ada beberapa macam finishing seperti laminating, spot UV, hard cover, embos dan lainnya. Semakin sulit teknik finishing maka biaya yang dikeluarkan juga semakin meningkat.

Kertas untuk cetak majalah

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah kertas yang digunakan untuk isi majalah, tabloid, maupun buku. Karena kertas mempunyai banyak macam jenis. Berikut ini ada empat jenis kertas yang biasa digunakan untuk isi majalah, buku, maupun tabloid.

  1. HVS

Kertas ini merupakan kertas yang paling banyak dijumpai, karena banyak yang menggunakan untuk print di rumah atau di tempat fotocopy. Kertas berwarna putih ini mempunyai ketebalan yang bervariasi, yaitu 70 gsm sampai 100 gsm. Biasanya standar kertas yang digunakan untuk buku adalah 70 gsm, karena jika terlalu tebal maka akan membuat buku terasa tebal dan berat.

  1. Art Paper

Art Paper merupakan kertas berwarna putih mengkilap yang cocok digunakan untuk cetak berwarna. Mempunyai ukuran 100 sampai 180 gsm, tetapi untuk pembuatan majalah biasanya yang digunakan kertas dengan ukuran maksimal 150 gsm, karena penggunaan kertas diatas ukuran tersebut akan membuat majalah menjadi tebal.

  1. Matte Paper

Jenis kertas ini tidak jauh berbeda dengan art paper, yaitu mempunyai ukuran yang sama namun matte paper tidak begitu mengkilap seperti art paper.

  1. Bookpaper

Bookpaper atau yang bisa disebut dengan storenso ini sering digunakan untuk buku novel maupun buku cerita lainnya. Kertas jenis ini berwarna agak cream atau kecokelatan dengan ketebalan standar yaitu 55 gsm atau 57,5 gsm.

Cetak Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Chat WhatsApp